Kiat Bugar Selama Puasa Ramadan

Kiat Bugar Selama Puasa Ramadan
Sumber: Diolah Dari Google Image

Umat Islam di seluruh dunia menyambut datangnya bulan Ramadan untuk melaksanakan semua aktivitas yang bernilai ibadah khususnya puasa.Salah satu hikmah dari puasa Ramadan adalah dapat mengantarkan umat manusia menuju takwa. Firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 183 berbunyi: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. Takwa adalah megamalkan ketaatan kepada Allah dengan cahaya Allah, meninggalkan maksiat dengan cahaya Allah dan takut adzab Allah.

Manfaat Puasa.

Sabda Nabi Muhammad SAW, Shummu  wa tashihu, artinya berpuasalah kamu,niscaya kamu akan sehat.  Hasil penelitian menyimpulkan bahwa beberapa manfaat puasa adalah pertama, meregenerasi sel saraf untuk meningkatkan daya ingat. Kedua, meningkatkan kesehatan otak sehingga terhindar dari penyakit degeneratif. Ketiga, vitalitas dan kekuatan otot jantung semakin baik. Keempat, menurunkan kadar gula darah,  kolesterol, dan mengendalikan tekanan darah. Kelima, kerja hati, ginjal, lambung lebih efektif. kelima, saluran pencernaan bekerja lebih efektif.

Gangguan Kesehatan Selama Puasa Dan Solusinya.

Pertama, bau mulut, solusinya berkumur dengan ekstrak mint atau minum teh daun poko atau min.Kandungan mentol dalam daun poko bersifat anti bakteri yang mampu melawan bakteri.
Kedua, mag, solusinya minum ramuan herbal temulawak, yang sudah digunakan secara turun  temurun untuk mengatasi masalah pencernaan seperti mag. Ketiga, diare, dapat diatasi dengan ekstrak daun mangga, yang terbukti menghambat bakteri penyebab diare.Keempat, dehidrasi, solusinya minum air kelapa muda segar yang mengandung elektrolit dalam jumlah tinggi yang bermanfaat untuk menggantikan mineral dan ion tubuh yang hilang. Kelima, batuk, solusinya rebus rimpang jahe dan kencur masing-masing 25 gram. Kupas dan memarkan bersama 3 batang bawang daun dan gula batu secukupnya, rebus dengan 4 liter air, sampai mendidih,  sisakan air separonya, saring rebusan air, setelah dingin diminum 2 kali sehari masing-masing satu gelas. Rimpang kencur berfungsi.untuk mengencerkan dahak, bawang daun untuk melonggarkan pernapasan dan jahe untuk menghangatkan tubuh. Keenam, stamina, solusinya dengan mengkonsumsi madu dengan susu kambing atau sapi. Gula dalam madu mudah dicerna dan mampu mencukupi kebutuhangula dalam tubuh untuk diolah menjadi energi. Konsumsi susu selain bergisi tinggi juga merasa kenyang sehingga puasa dapat tahan lapar. Ketujuh, anemia, solusinya mengkonsumsi madu dan kurma untuk mengatasi lesu dan lemah karena keduanya mampu meningkatkan kadar hemoglobin (seperti zat besi, asam folat dan vitamin B12) penderita anemia.

Sebagai penutup artikel ini disajikan dari sumber Al-Qur'an, Al-Hadis dan Majalah Trubus. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Selamat menjalankan ibadah puasa ramadan 1437 H.


 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment