Strategi Sehat Dan Bahagia Pada Manusia Usia Lanjut (Manula)

Strategi Sehat Dan Bahagia Pada Manusia Usia Lanjut (Manula)

Istilah untuk manusia yang usianya sudah lanjut, orang sering menyebutnya berbeda-beda. Ada yang menyebutnya manusia lanjut (Manula), manusia lanjut usia (Lansia), golongan lanjut umur (Glamur), usia lanjut (Usila).


Di Indonesia batasan usia lanjut juga berbeda-beda. Ada yang menyebut 55 tahun keatas, 60 tahun keatas, 65 tahun keatas, termasuk usia lanjut. Menurut Sensus Penduduk 2010 jumlah penduduk usia lanjut pada tahun 2010 mencapai 18,1 juta jiwa, tahun 2014 18,781 jiwa dan tahun 2025 diperkirakan 36 juta jiwa. Hal ini mencerminkan salah satu hasil pembangunan kesehatan pada satu sisi, dan pada sisi lain menjadi tantangan untuk mengupayakan agar mereka mampu mempertahankan kualitas hidupnya menjadi manula yang sehat, produktif dan bahagia.

Bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh pada manusia usia lanjut (Manula)?

Hal ini dapat dilakukan dengan cara menumbuh kembangkan minat dan bakat pada manusia usia lanjut.(Manula). Orang yang pada masa mudanya aktif dan banyak kegiatan akan sangat tertekan, jika pada usia lanjut tidak mempunyai kegiatan lagi. Oleh karena itu bakat dan minat yang dimiliki akan dikembangkan sesuai dengan kondisi tubuh, seperti bakat dan minat olah raga, membaca, menulis, melukis, memancing,berkebun, beternak, rekreasi, meditasi dan lain sebagainya.

Macam olah raga yang baik bagi Manula adalah:

Senam.

Sekarang telah berkembang senam yang diikuti oleh para Manula,seperti Tai-Chi (senam Tera), senam Wai Tankung (Senam Sehat Indonesia). Senam ini memberikan keuntungan dalam memperthankan kesehatan tubuh baik phisik maupun mental.

Berjalan Kaki.

Berjalan kaki berguna untuk meregangkan kaki dan menjaga daya tahan tubuh.

Jogging

Jogging ini dilakukan tidak terlalu cepat, berguna untuk memperbaiki kemampuan pengambilan zat asam (O2), yang berhubungan dengan fungsi jantung, paru-paru, peredaran darah kaki dan lain-lain.

Bersepeda atau Berenang.

Kegiatan ini dapat meningkatkan keregangan dan daya tahan tubuh.

Berkebun

Berkebun di halaman rumah perlu dikembangkan oleh para Manula, karena tidak terlalu melelahkan dan dapat memberikan kesenangan. Melihat warna warni pepohonan yang menyejukkan, para Manula betah tinggal lama di halaman rumah tanpa rasa bosan.
Berjalan dengan para cucu kesayangan di halaman rumah pada pagi atau sore hari akan memberi kesan yang mendalam, sambil menanam, memupuk dan menyirami tanaman sayuran, buah-buahan, obat-obatan, bumbu-bumbuan dan jamu-jamuan merupakan latihan untuk menjaga kesegaran dan daya tahan tubuh.

Beternak

Kegiatan beternak mulai dari memberi makan dan minum ternak piaraan, mengelus tubuhnya yang lucu, mendengar suaranya, melihat tingkah lakunya, membersihkan kandang dan sebagainya sangat menyenangkan dan mengasyikkan.Ternak kecil sangat cocok untuk dikembangkan, misalnya ayam, puyuh, itik, merpati, kelinci. kalau halaman rumah cukup luas, dapat dipelihara ikan di kolam.

Memancing.

kegiatan memancing dapat mendatangkan ketenangan. membaca buku, bersiul, bernyanyi-nyanyi kecil, melihat pemandangan mendengar gemercik air, suara burung dan lain-lain sangat menyenangkan sambil menunggu umpan yang dilepas mengena sasarannya.Kegiatan memancingmenunjukkan sikap menyatu dengan alam sangat terasa dan sekaligus mengagungkan ciptaan Alloh yang maha besar, maha pengasih dan maha penyayang.

Rekreasi.

Rekreasi dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, ke pantai, taman hiburan, gedung pertunjukan, jalan-jalan di sepanjang jalan yang disukai, bermain kerumah kawan berguna untuk menghilangkan rasa kebosanan dan ketegangan dan membangkitkan nostalgia masa lalu yang indah dan membahagiakan.

Meditasi

Meditasi bermanfaat untuk melatih kecerdasan otak dan mengurangi kecemasan.Dalam kehidupan kita seringkali mengalami kegagalan, kesedihan, keputusasaan, kehilangan percaya diri, ketakutan.Oleh karena itu kita memerlukan latihan, seperti berpikir positif, kreatif, berwawasan luas, meningkatkan imajinasi, membangun kekuatan mental, kemampuan analisis serta ketrampilan membuat keputusan. Kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi disebabkan oleh otak atau akal manusia.Semua keberhasilan atau kegagalan manusia merupakan akibat langsung dari cara manusia menggunakan akalnya. Dari hasil penelitian diketahui bahwa olah raga dan meditasi membantu akal manusia berfungsi lebih baik, intelek dan elegan.

Mengatur Pola Hidup Sehat.

Pola hidup sehat meliputi : pengendalian stres,cukup istirahat dan rekreasi, cukup olah raga, makan cukup bergisi dan berimbang, mempertahankan berat badan (BB) yang ideal yang dapat dihitung secara kasar dengan rumus: BB Ideal = (TB - 100) - 10% (TB - 100), tidak merokok, tidak minum alkohol, hindari polutan, rajin menghadiri pengajian sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Sebagai penutup artikel ini disajikan berdasarkan pengalaman hidup sehari-hari dan buku tentang petunjuk modern kesehatan yang ditulis oleh para ahli. Semoga para manusia usia lanjut (Manula) tidak menyerah pasrah, tetapi tetap perkasa berkarya sehingga memberi manfaat bagi masyarakat luas selama hayat masih dikandung badan.





Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment