Makan Sirsat Membuat Hidup Sehat

Makan Sirsat Membuat Hidup Sehat
Buah Sirsak (Foto: Google Image)

Sirsat mempunyai nama yang bermacam-macam, seperti sirsak, nangka sabrang, nangka landa, nangka buris, srikaya jawa, durian betawi, jambu landa dan lain-lain. Sirsat masuk ke Indonesia pada abad ke 19, dibawa oleh bangsa Belanda masuk ke pulau Jawa. Asal muasal sirsat dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tanaman sirsat dapat tumbuh dengan baik di daerah yang airnya cukup. Tinggi pohon sirsat dapat mencapai 9 meter, buahnya yang besar 30 cm dan beratnya lebih kurang 2,5 kg.  

Manfaat Buah Sirsat 

Pertama, 

Buah sirsat berguna untuk kesehatan manusia karena banyak mengandung karbohidrat utamanya fruktosa, kalium, kalsium, vitamin C, B1 dan B2.

Kedua, 

Buah sirsat juga mengandung serat untuk membantu pencernaan serta mengontrol berat badan. Setiap 100 gram daging buah sirsat dapat mencukupi kebutuhan serat pada tubuh setiap hari sebesar 13 persen. Oleh karena itu sering makan buah sirsat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh kita.

Ketiga,

Buah sirsat dapat mencegah terjadinya cairan yang hilang (dehidrasi) dalam tubuh kita karena buah sirsat mengandung air. Secangkir air sirsat berisi sekitar 183 gram.

Keempat, 

Kandungan kalium dalam buah sirsat dapat membantu kekuatan otot, mengatur tingkat tekanan darah dan melindungi tulang manusia.

Kelima,

Kandungan vitamin C yang tinggi berguna untuk antioksidan,melawan segala penyakit sehingga terbebas dari ancaman radikal bebas. Radikal bebas sebagian besar disebabkan oleh faktor eksternal seperti asap kendaraan bermotor, asap rokok dan polutan lainnya. Contoh penyakit kanker.

Keenam,

Setiap 100 gram buah sirsat mengandung fosfor 27 miligram(mgr) dan kalsium 14 mgr. Mineral ini berguna untuk memperkuat tulang badan serta mencegah terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis).  

 

Manfaat Daun Sirsat 

Pertama, 

Mengatasi Diabetes Milites (DM). Kadar gula dalam darah manusia yang normal antara 70 - 100 mg/dl, untuk gula puasa, sedangkan gula sewaktu < 110 mg/dl. Nutrisi yang terkandung dalam daun sirsat dapat membuat kadar gula dalam darah stabil dalam keadaan normal. Caranya ambil 2-5 lembar daun sirsat dari pohon sirsat, dicuci dengan air sampai bersih,lalu direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih, sisakan satu gelas air rebusan. Setelah hangat atau dingin diminum secara ajeg, pagi dan sore selama 3-4 hari.

Kedua,

Melawan sel kanker. Ada penelitian yang membuktikan bahwa daun sirsat mengandung bahan aktif 10 kali lebih kuat untuk melawan sel kanker dibandingkan dengan kemoterapi. Daun sirsat disamping dapat untuk mengobati penyakit kanker juga prostat dan paru-paru. Caranya, ambil 10 lembar daun sirsat, setelah dicuci bersih direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan sisakan satu gelas air rebusan, disaring dan diminum setiap pagi setelah hangat atau dingin selama 3-4 minggu.

Ketiga, 

Untuk mengobati asam urat. Caranya ambil 6-10 lembar daun sirsat yang sudah tua tetapi masih berwarna hijau, daun dicuci bersih, direbus dalam 2 gelas air sampai mendidih, sisakan 1 gelas air rebusan, kemudian diminum dua kali sehari pagi dan sore hari.

Keempat, 

Mengobati rematik yang basanya dialami oleh para manusia usia lanjut (Manula). Caranya, ambil 5-10 lembar daun sirsat, dicuci sampai bersih, kemudian dihaluskan dan oleskan pada bagian badan yang sakit.

Kelima, 

Mengobati sakit eksim dan bisulen. Caranya haluskan 5-10 lembar daun sirsat,kemudian tempelkan pada bagian badan yang terkena eksim atau bisul. Daun sirsat yang sudah dihaluskan juga berguna untuk menghalangi tumbuhnya bakteri, virus, parasit dan tumor.

Keenam, 

Untuk mengobati sakit pinggang. Caranya ambil 20 lembar daun sirsat, dicuci bersih, direbus sampai mendidih dengan 5 gelas air, sisakan 3 gelas air rebusan, lalu diminum kira-kira 3/4 cangkir, sehari sekali.

Ketujuh, 

Untuk menghidari infeksi didalam tubuh. Caranya ambil 4-5 lembar daun sirsat, dicuci bersih, direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih, sisakan satu gelas air rebusan, diminum secara teratur sekali sehari.

Sebagai penutup mari kita suka dan biasa makan sirsat dengan ajeg supaya terhindar dari penyakit seperti kolesterol jahat, pengeroposan tulang dan lain-lain dan Insya Alloh diberi hidup sehat yang bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa,negara dan agama.
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment